KETOPRAK MATARAM BERGELIAT DI GUNUNGKIDUL

713

GUNUNGKIDUL-SABTU PON | Ketoprak Mataram merupakan salah satu kesenian drama tradisional dengan iringan gamelan Jawa, yang pernah tumbuh subur dan berkembang di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Mengutip Wikipedia, kentongan merupakan salah satu alat music khas yang selalu ada dalam pementasan Ketoprak sebagai penata adegan.

Selain itu, ciri khas lain yakni penggunaan tembang macapat sebagai nyanyian mengiringi kelangsungan beberapa adegan.

Sementara pembagian adegan meliputi Jejer Pasewakan, Lawak, Perang dan Roman dengan berbagai cerita fiksi, sejarah, panji, dongeng dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu upaya nguri-uri (melestarikan:RED) kesenian drama tradisional Ketoprak Mataram, kelompok seni yang tergabung dalam wadah atau kelompok kesenian “ANOM BUDAYA” Padukuhan Kepek, Kalurahan Kepek, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul akan menggelar pementasan Ketoprak Mataram, Sabtu (11/05) malam.

Ketua Kelompok Seni ANOM BUDAYA Poniman mengatakan bahwa pertunjukan Ketoprak Mataram yang akan dilangsungkan di Balai Padukuhan Kepek merupakan salah satu pentas seni dalam rangka Bersih Dusun Kepek tahun 2024.

Kepada awak media Poniman menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan diawali dengan penampilan Reog Srikandhi.

“Disusul karawitan Mardi Laras, dilanjutkan tari-tarian antara lain, tari Candik Ayu dan tari Sekar Ganjen,” tulis randown acara yang ditandatangani Poniman.

Selanjutnya acara pembukaan akan dimulai pada pukul 20:30 WIB dilanjutkan pertunjukan pementasan Ketoprak Mataran hingga pukul 24:00 WIB.

“Bagi pandemen Ketoprak Mataram yang tidak dapat melihat secara langsung, silahkan menyaksikan babaring carito melalui Live Streaming di Channel YouTube IGTV,” pungkas Poniman. (Nhs)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.