Mendapat Dukungan Pemerintah, Forkom UMKM Gunungkidul Siap Menjadi Wadah Pelaku Usaha

259

WONOSARI-JUMAT KLIWON | Forum Komunikasi (Forkom) untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gunungkidul memang perlu adanya. Hal itu disampaikan Sri Suhartanta, S.IP, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Gunungkidul saat menerima audiensi dari Forkom UMKM Gunungkidul Handayani di ruang Asisten II Kabupaten Gunungkidul, Kamis, (28/01/2021).

Menurutnya Forkom UMKM Gunungkidul akan manjadi wadah bagi seluruh pelaku UMKM yang ada di Gunungkidul. Melalui satu pintu forkom inilah pemerintah bisa menyampaikan informasi terkait UMKM agar benar-benar sampai kepada masyarakat di Gunungkidul.

“Pemerintah menyambut positif semua program kerja yang telah disampaikan Forkom UMKM Gunungkidul. Di era digitalisasi seperti saat ini, memang perlu melibatkan generasi milenial untuk menuju UMKM naik kelas,” tegasnya.

Dengan berbagai strategi pemasaran baik melalui situs web maupun market place, dan juga strategi pemasaran secara online yang telah direncanakan,Forkom UMKM Gunungkidul diharapkan bisa membantu pelaku UMKM yang rata-rata memiliki kendala dalam pemasaran.

“Ini saatnya berkolaborasi antar lembaga, untuk mengembangkan UMKM, sehingga bisa mengangkat nama Gunungkidul melalui UMKM,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koprasi dan UKM Kabupaten Gunungkidul Sih Supriyanta menyampaikan, di Gunungkidul ada hampir 24 ribu pelaku UMKM. Hal itu perlu adanya pendataan ulang agar pemerintah benar-benar mendapatkan data yang valid.

Melalui Forkom inilah pemerintah bisa memiliki kepanjangan tangan yang benar-benar bisa berperan aktif dimasyarakat hingga kalangan yang paling bawah. Bisa membantu para pelaku UMKM terkait perijian usaha,sebagai awal untuk bisa memperluas pemasaran.

“Eksistensi dari forkom ini sangat kami butuhkan, sehingga bisa menjadi wadah bagi pelaku UMKM, sebagai media informasi, media pemasaran dan pengembangan inovasi produk dengan satu bendera yang sama,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua umum Forkom UMKM Gunungkidul, Ag Ika Vitri N,SE berharap forum komunikasi untuk pelaku UMKM di Gunungkidul diharapkan bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Forkom UMKM Gunungkidul bisa bersinergi dengan instansi terkait guna memajukan UMKM di Kabupaten Gunungkidul, sehingga semua potensi yang ada di Gunungkidul bisa terangkat dan merambah ke pasar yang lebih luas.

“Dengan adanya dukungan dari pemerintah,tentu kami akan lebih semangat dalam mmberikan manfaat positif untuk seluruh pelaku UMKM di Gunungkidul,” ungkapnya. (Agus, SW)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.