Mengaku Petugas BPJS, Perdayai Warga Gunungkidul

411

NGLIPAR-SABTU WAGE | Poniman (67) Warga Padukuhan Blembeman II, Kalurahan Natah, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, menjadi korban penipuan oleh orang tak dikenal. Selain mengaku sebagai petugas BPJS, pelaku juga berhasil membawa kabur sejumlah uang milik korban, Jumat (08/12/2023) pukul 16.30 WIB.

Menurut korban, pelaku yang mengaku sebagai petugas BPJS tersebut datang ke rumahnya seorang diri dengan mengendarai sepeda motor warna hitam.

Selain itu, menurut poniman, untuk meyakinkan para calon korban, pelaku menunjukkan daftar sejumlah nama pensiunan yang ada di wilayah setempat.

“Katanya Askes saya mau diganti dengan BPJS,”ujar korban.

Pensiunan PNS yang dulunya bertugas di Puskesmas Nglipar II inipun termakan bujuk rayu pelaku hingga menyerahkan sejumlah uang untuk proses pengaktifan BPJS.

Usai menerima uang, poniman berujar, pelaku segera memberikan kwitansi yang akan ditukar dengan kartu BPJS baru pada senin depan.

“Saya kasih uang 600 ribu, kemudian orangnya tergesa-gesa pergi sampai nggak mau minum,”ujarnya.

Menurut informasi dari masyarakat, kasus serupa juga dialami Jakiyo warga Natah Kulon. Namun aksi pelaku dapat digagalkan lantaran korban tidak memberi uang.

“Tadi pak Jakiyo juga didatangi orang yang mengaku sebagai petugas BPJS,” ucapnya.

Kanit Reskrim Polsek Nglipar IPDA Wahyudi menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan informasi terkait adanya dugaan kasus tersebut.

Namun demikian, Wahyudi berujar, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan resmi terkait kejadian tersebut.

“Kami akan segera mendatangi korban, dan akan melakukan pendalaman,” pungkas Wahyudi.

(A Yuliantoro)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.