Pasca Menjabat, Untuk Pertama Kalinya Sunaryanta Melantik Pejabat Eselon II

320

WONOSARI-SABTU LEGI | Penataan atau rotasi jabatan tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, kembali dilakukan, untuk pertama kali dalam masa jabatan Bupati H. Sunaryanta, Sabtu, (28/08/2021) pagi. Sebanyak 11 orang pejabat eselon II secara resmi dilantik untuk menduduki jabatan baru.

Pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat eselon II tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Handayani, Komplek Sekretariat Pemkab Gunungkidul.

Berdasarkan SK Bupati No. 59/UP/KEP.D/D4 tentang pengangkatan dalam jabatan tinggi Pratama Pegawai Negeri Sipil Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul, penetapan keputusan ini dinilai telah sesuai dengan proses dan prosedur.

Ke 11 pejabat tinggi pratama yang di rotasi tersebut selain untuk menepati posisi baru sebagai kepala perangkat daerah juga mengisi jabatan di beberapa OPD yang selama ini kosong dan di jabat Plt.

Usai mengambil sumpah jabatan kepada 11 pejabat, dalam arahanya Bupati mengucapkan selamat dan berharap semoga dengan amanah ini dapat mengemban tugas dengan sebaik baiknya.

Sunaryanta menyampaikan, dalam hal menempati ketugasan baru, masa transisi cepat untuk bisa memaksimalkan kinerja dalam peran pembangunan Gunungkidul dan berjalanya birokrasi yang baik diharapkan segera dapat dilaksanakan.

“Mutasi dan rotasi merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi pemerintahan karena tuntutan organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” ungkap Sunaryanta.

Oleh sebab itu, tambah Bupati, jabatan yang diberikan harus disyukuri dan hendaknya dapat dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan, serta prestasi dalam bekerja.

Lebih lanjut Bupati menerangkan, upaya ini dilakukan semata-mata karena pertimbangan urgensinya, diantaranya karena adanya sejumlah jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di OPD yang belum terisi, sehingga harus ditempatkan pimpinan yang akan menakhodai dalam melaksanakan program-program strategis guna mendukung terwujudnya visi dan misi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Kepada para pejabat terlantik, saya mohon menerima amanah ini, dengan penuh integritas dan tanggung jawab melalui pencapaian kinerja terbaik. Bersikaplah optimis dan positif dalam mengemban amanah, sehingga dapat bekerja dengan baik dan fokus untuk mencapai tujuan organisasi maupun visi misi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,” tegas Sunaryanta.

Bupati menambahkan, saat ini tentunya banyak kendala dan problem-problem yang cukup kompleks yang harus dihadapi OPD, mengingat masih dalam masa Pandemi Covid-19. Oleh karenanya Sunaryanta berharap program-program strategis OPD, agar dapat dilaksanakan sesuai target, sehingga akan sangat menentukan keberhasilan dalam melakukan penanganan dan pemulihan kondisi sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain, terutama di sektor-sektor yang selama mengalami dampak Pandemi cukup berat, seperti pariwisata, perdagangan, hingga sektor jasa.

Sekretaris Daerah Ir.Drakad Ruswandono di temapt terpisah mengatakan, senada dengan yang disampaikan Bupati bahwa jabatan adalah hal yang biasa dalam birokrasi pemerintahan, dan bentuk apresiasi bagi ASN. Jabatan tidak diminta pasti akan diberikan sesuai dengan dedikasi, integritas, prestasi, kapasitas dan loyalitas. Namun jabatan adalah tugas yang sangat berat dan tanggung jawab yang besar karena menyangkut tentang hajat hidup orang banyak

Sementara untuk pelantikan pejabat eselon III dan IV akan dilakukan secepatnya, oleh Bupati karena hal tersebut merupakan kewenangan bupati yang tidak bisa di intervensi. (Agus SW)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.