Pelunasan PBB dalam Sehari Sudah Puluhan Tahun Diterapkan di Desa Kemejing

42

SEMIN, Jumat Pon-Tradisi pelunasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Kemejing, Kecamatan Semin, selesai dalam sehari. Tradisi ini sudah sejak tahun 2006.

Dikatakan Kepala Desa Kemejing Lamin Mintarja, Tradisi pelunasan PBB dalam sehari, tidak lepas dari kerjasama tim, khususnya dari 11 Kepala Dusun di Desa Kemejing sebagai petugasĀ  pemungut PBB.

Menurutnya, kunci keberhasilan dari pelunasan PBB berada ditangan kepala dusun masing-masing setelah melalui musyawarah desa.

Ia juga menceritakan bahwa awalnya ada yg melatar belakangi, sehingga pajak bisa terlunasi hanya dalam sehari, yaitu karena pengalaman sebelum tahun 2006, para wajib pajak sudah membayar tetapi tidak sampai kepada petugas pajak. Artinya pajak yang seharusnya disetorkan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) tenyata ngedon dipetugas pemungut pajak.

Dengan pengalaman itu, berdasarkan musyawarah dari 11 padukuhan, disepakati pembayaran pajak harus lunas dalam sehari serta menentukan limit batas pembayaran ke pemerintah daerah.

Sementara, Camat Semin Barji, mengapresiasi tradisi yang diterapkan Desa Kemejing terkait dengan pembayaran PBB.

Diungkapkan Barji, pelunasan hari ini bukan rekayasa yang ditalangi pihak Pemerintah Desa, tetapi memang kerjasama tim yang bagus. Tidak kalah penting komitmen kesadaran masyarakat yang cukup tinggi untuk membayar kewajibannya.

Ia berharap ditahun mendatang tradisi pembayaran pajak lunas dalam sehari tetap dipertahankan.

 

 

Reporter: W. Joko Narendro_ig




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.