Penasehat Hukum Mantan Dirut RSUD Wonosari Disingkirkan

412

GUNUNGKIDUL-RABU PAHING | Winarno, SH selaku Penasehat Hukum (PH) dr. Is. Mantan Dirut RSUD Wonosari yang saat ini tengah tersandung dugaan kasus korupsi menyatakan, masa penahanan pertama terhadap kliennya selesai (17/7).

Soal perpanjangan penahanan berikutnya Winarno mengaku tidak tahu menahu, karena dr. Is berganti PH. Dia menengarai, ada rekayasa  penyingkiran dirinya. Kasus ini menurutnya penuh intrik dan manipulasi.

“Maaf, saya sudah tidak mengikuti perkembangan kasus dr. Is, karena melalui Pak Soejito suaminya, beliau memberitahukan, bahwa telah menunjuk PH yang baru,” ujar Winarno, via WhatsApp, Rabu, (20/7).

Secara hukum, pemberitahuan secara lisan tersebut menurutnya adalah sah, karena soal penunjukan PH adalah hak sepenuhnya ada di tangan klien.

Winarno tidak tahu persis tentang alasan penggantian atau penyingkiran dirinya. Bahkan dia bilang bahwa tanpa alasan.

“Yang bikin saya curiga ada semacam pengkondisian. Biar tidak menyulitkan persidangan maka menyingkirkan saya  dari tim PH, meski saya telah melakukan pembelaan dr. Isti secara maksimal selama dalam  penyidikan. Kami mengawal sejak 2019. Perkara ini penuh intrik dan manipulasi. Berkas perkara bolak-balik Polda Kajaksaan Tinggi lebih dari 10 kali,” terang Winarno.

Menyikapi penyingkiran dirinya Winarno menyatakan,  secara etika di dalam  profesi advokat sebenarnya ada aturan atau tatacara pengambilalihan perkara teman sejawat.

Tetapi, kata Winarno, pada akhirnya saya serahkan sepenuhnya kepada klien untuk mau menggunakan jasa advokat pilihannya.

 

(Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.