Pengembangan Kube Di Gunungkidul, Dinsos DIY Siap Gelontorkan Ratusan Juta Dana Bantuan

290

WONOSARI – Rabu Kliwon | Sebanyak 20 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan pelatihan bimbingan teknis (bimtek) dari Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Selasa (14/01/2020).

Kepala Dinsos Kabupeten Gunungkidul, Siwi Iriyanti menyampaikan, kegiatan ini merupakan intervensi dari Pemerintah Provinsi DIY untuk memberikan apresiasi kepada Kube yang tetap eksis, berprestasi dan telah beroperasi sejak 2017.

 

 

“Pemerintah juga akan memberikan bantuan modal untuk masing-masing kelompok sebesar 22,5 juta rupiah,” terangnya.

Pengajuan proposal bisa disampaikan ke Dinsos Kabupaten Gunungkidul paling lambat 21 Januari 2020, kemudian akan dikirim ke Dinsos DIY pada 25 Januari 2020.

“Seluruh penerima bantuan Kube diharapkan bisa memanfaatkan bantuan untuk mengembangkan usaha sehingga bisa meningkatkan kemampuan ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bina Kesejahteraan Sosial Dinsos Kabupaten Gunungkidul Giyanto menyatakan, Kube harus mencakup tiga aspek diantaranya, aspek kelembagaan atau administrasi artinya setiap kelompok tertib secara administrasi dan kelembagaannya yang solid.

“Kedua yakni aspek ekonomi, artinya kelompok dapat mengembangkan bantuan awal dan bisa berjalan dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi kelompok,” terangnya.

Ketiga yaitu aspek sosial, artinya kelompok bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat miskin di wilayah bersangkutan. Meningkatkan kemampuan anggota dalam melaksanakan peran sosialnya.

Giyanto menambahkan,seluruh proses harus dilaksanakan agar kegiatan pengembangan kelompok benar-benar bermanfaat.

“Melalui kasi pelayanan desa diminta ikut serta mengawasi dan memberikan masukan yang inovatif dan berdaya saing dan memiliki nilai ekonomis sehingga kelompok akan lebih mandiri dan sejahtera,” tutupnya. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.