Ratusan Gua Yang Diduga Rusak Atau Dirusak Tidak Seluruhnya Dipantau Dinas Pariwisata

187

GUNUNGKIDUL-SELASA PAHING | Jumlah gua di Gunungkidul sebanyak 770 titik, 112 di antaranya diklaim sebagai destinasi wisata. Sisanya yang 658 tidak dipantau oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul dengan alasan berada di luar tugas pokok dan fungsi Dinas.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul A Hari Sukmono terkait berita adanya pengrusakan stalaktit dan stalakmit seperti disampaikan Bupati Gunungkidul Sunaryanto.

“Total 770 gua tersebut merupakan hasil pemetaan yang dilakukan oleh Komunitas ASC tahun 2015,” ujar Hari Sukmono 5-4-2021.

Dia mempertegas bahwa gua sejumlah 770 tidak seluruhnya dipantau Dinas karena ada fungsi fungsi lain dalam ekosistem gua.

Sementara fungsi-fungsi lain tersebut menjadi kewenangan sektor lain seperti Dinas Lingkungan Hidup dan ESDM.

“Kalau gua yang telah menjadi destinasi tentu kami monitor bersama Pokdarwis,” tandas Hari Sukmono.

Tetapi jika yang dimaksud adalah Gua Kalongan seperti diberitakan media, Hari Sukmono mengaku tidak hapal telah ada pokdarwis atau belum.

Terkait soal adanya pengrusakan stalaktit stalakmit itu Dispar Gunungkidul akan berkoordinasi dengan Dinas lingkungan Hidup dan Dinas ESDM DIY.

“Karena OPD ini yang memiliki fungsi dalam menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup termasuk pelestarian ekosistem gua. Dan Dinas ESDM memiliki kewenangan tentang sumber daya mineral,” pungkasnya. (Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.