Ratusan KUBE-FM Terima Bantuan Milyaran Rupiah

3122

WONOSARI-SENIN PON | Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak menyalurkan bantuan permodalan Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KUBE FM) Rp 4,36 miliar.

Asal bantuan dari APBD, diserahkan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, di GOR Plembutan, Playen, Senin 31-7-2023.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-PPPA) Gunungkidul Ir. Asti Wijayanti, MA mengatakan, tahun 2023, bantuan diberikan kepada 218 kelompok penerima manfaat. Setiap kelompok diberi bantuan Rp 20 juta rupiah.

“Total bantuan mencapai Rp. 4,36 milyar,” kata Asti Wijayanti dalam laporan penyerahan bantuan di GOR Balai Kalurahan Plembutan.

Asti menerangkan, bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) diberikan kepada kelompok masyarakat yang namanya masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Kelompok tersebut harus beranggotakan minimal 10 orang dan sudah mengajukan kegiatan usaha melalui proposal.

“Berdasarkan hasil bimtek, sebagian besar penerima manfaat memilih melalukan usaha ternak kambing. Meski ada beberapa usaha jasa persewaan tenda dan kursi ,” papar Asti.

Dia berharap setelah bantuan dicairkan, program usaha bersama segera dijalankan sesuai dengan proposal yang sudah diajukan. Dinsos-PPPA Gunungkidul sudah menyiapkan pendamping untuk memastikan program KUBE bisa berjalan dengan baik.

“Jangan sampai ada kelompok yang tidak konsisten karena nanti pasti akan menjadi temuan inspektorat,” paparnya.

Dalam kesempatan itu AstI meminta kepada kelompok yang akan melakukan usaha ternak kambing maupun sapi untuk membeli ternak yang sudah memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Hal ini untuk memastikan hewan yang dibeli dalam keadaan sehat.

“Untuk mengantisipasi kerugian karena banyak muncul penyakit pada hewan seperti antraks atau lato- lato,” papar Asti.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, bantuan tersebut diharap dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Bupati memberitahu, pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul tahun 2023 mencapai 5,37 persen. Semoga menjadi motivasi peran serta masyarkat sehingga perekonomian dapat bangkit dan berkembang.

Anggota KUBE Berkah Makmur, Muhammad Jazuri mengaku senang menerima bantuan dari pemerintah.

Menurutnya bantuan tersebut menjadi spirit rakyat kecil untuk bekerja lebih giat demi kehidupan yang lebih layak.

“Kita kembangkan usaha ternak kambing bersama 10 warga di Padukuhan Ngronggo, Getas, Playen,” paparnya.

(Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.