Sudodo: Pungutan Jasa Pantai Gesing Perlu Ditinjau Ulang

478

WONOSARI, Jumat Pon– Kemelut pungutan jasa yang terjadi di kawasan Pantai Gesing, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang menemui titik terang. Pungutan jasa yang dilakukan Pokdarwis Alam Asri dianggap pungutan liar (pungli) agar diselesaikan pihak Desa Girikarto.

Baca juga:

Pokdarwis Alam Asri Pantai Gesing Merasa Dijegal Pemerintah Desa Girikarto

Asisten 1 Setda Kabupaten Gunungkidul Sudodo mengatakan, permasalahan tersebut terjadi karena miss komunikasi dalam menafsirkan aturan. Sudodo katakan, dalam waktu dekat permasalahan tersebut perlu segera diselesaikan oleh Pemdes Desa Girikarto.

“Payung hukum pungutan jasa itu ada di desa diperdeskan melalui musyawarah desa (mudes). Kami tidak akan mengangkat masalah. Kami kembalikan ke desa,” beber Sudodo setelah audensi dengan Pokdarwis Alam Asri di ruang rapat Bupati, Kamis (21/02).

Baca juga:

Pesona Jembatan Pelangi Dan Taman Bidadari Di Pantai Buges

Sementara itu Kepala Desa Girikarto, Kecamatan Panggang Tuyadi mengatakan, melalui moment audiensi, Pemdes Girikarto akan segera melaksanakan koordinasi dengan Kecamatan, juga meminta bantuan ke Dinas terkait, untuk menyelesaikan kemelut.

Tuyadi menegaskan, keputusan tersebut untuk kepentingan bersama dan tidak untuk kelompok ataupun pribadi.

“Kita ingin tentram, ya seperti yang di kesepakatan bersama untuk kepentingan bersama,” tandas Tuyadi.

Sebelumnya permasalahan tersebut terjadi karena keluhan wisatawan terkait pungutan ganda berupa retribusi dan pungutan jasa. Retribusi dilakukan Dinas Pariwisata, jasa dipungut Pokdarwis Alam Asri.

Baca: 

Pengunjung Pantai Gesing Tuding Pemerintah Rampok Retribusi, Itu Salah Hujat

Pungutan jasa dilakukan Pokdarwis lantaran sebelumnya Alam Asri telah memegang legalitas berupa Perdes, walaupun kemudian Pokdarwis belum mendapatkan legalitas baru berupa Perdes dari Pemerintah Desa Girikarto.

Penulis: Fajar
Foto     : Audensi Pokdarwis Alam Asri di ruang rapat Bupati, Kamis 21/02-(Fajar/infogk)



One thought on “Sudodo: Pungutan Jasa Pantai Gesing Perlu Ditinjau Ulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.