Sutarwanto Caleg Nasdem, Kental Adat Kebudayaan Daerah

465

PANGGANG, (SABTU PON) – Sutarwanto Calon Legislatif (Caleg) partai Nasional Demokrat (Nasdem) Daerah Pilihan (Dapil) Gunungkidul 5 dengan nomor urut 3, salah satu Caleg yang peduli akan tradisi adat dan budaya Jawa.

Seperti halnya dalam menyambut pergantian tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah atau 1 Suro 1952, bersama keluarga dan kerabat dia berziarah di Makam Ki Ageng Giring Desa Sodo Kecamatan Paliyan.

Kepada INFOGUNUNGKIDUL.com Sutarwanto menyampaikan, kegiatan ziarah dan tirakat yang dilaksanakan sebagai bentuk melestarikan adat budaya sehingga tidak tergerus oleh kemajuan jaman.

Menurutnya, kegiatan semacam ini harus senantiasa dilestarikan serta mendapat perhatian nyata dari pemerintah daerah, terlebih saat ini sudah ada dana keistimewaan yang diperoleh pemerintah propinsi DIY.

“Jangan sampai nantinya generasi muda kita tidak menyadari, bahwa kita memiliki tradisi atau adat yang sangat adi luhung,” ungkapnya, Sabtu, (15/09).

Lebih lanjut Sutarwanto menyampaikan, dalam kesempatan yang sama, dirinya selaku bendahara umum Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) pusat, mendapat undangan di lapangan Departemen Sosial (Depsos) Bekasi Timur dalam rangka tirakatan IKG menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriah dengan menggelar wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho.

“Saya memilih untuk hadir di Makam Ki Ageng Giring, selain kami sekeluarga ziarah, juga ingin melihat langsung seperti apa prosesi adat tradisi yang berlangsung di sini,” ungkapnya.

Dengan kekayaan aneka budaya dan adat yang dimiliki Gunungkidul semakin memantabkan niat Sutarwanto untuk ikut berperan membangun dan memajukan daerahnya apabila nanti dia mendapat amanah masyarakat duduk di kursi dewan. (Ag/ig).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.