Taman Edukasi Pertanian Pampang, Ajak Generasi Milenial Mencintai Pertanian

328

PALIYAN – Jumat Pahing | Pemuda milenial Desa Pampang, Kecamatan Paliyan terus mengembangkan sektor wisata berbasis pertanian. Setelah sukses menciptakan kebun semangka, para pemuda terus membaca peluang untuk terus berinovasi, memanfaatkan potensi desa dengan membuka Taman Edukasi Pertanian.

Melalui para pemuda tani milenial yang tergabung dalam Kelompok Tani Milenial Pampang, lahan persawahan di Desa Pampang disulap menjadi taman edukasi pertanian berupa arena bermain/outbond bagi anak-anak sekolah.

 

 

Taman Edukasi Pertanian akan dilaunching, Sabtu (18/01/2020). Konsep wisata tersebut telah mencuri perhatian Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu Broto. Hal itu terbukti, Kamis (16/01) kemarin, Bambang Wisnu didampingi para Penyuluh BPP Paliyan serta Kades Pampang Iswandi, melakukan peninjauan persiapan launching Taman Edukasi Pertanian tersebut.

“Ini sebagai penyemangat dan apresiasiasi untuk pemuda tani milenial yang sangat kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Sementara itu, ketua pemuda Tani Milenial Pampang Budi Susilo menjelaskan, banyak hal menarik yang dapat ditemukan di Taman Edukasi Pertanian.

Pihak pengelola telah menyiapkan arena bermain di lahan persawahan antara lain, tempat untuk permainan lempar bola, permainan ninja warior di air menggenang, permainan menangkap belut. Tak hanya itu, pelajar bisa bereksperimen menanam padi di sawah dengan bibit padi yang sudah disiapkan.

“Nantinya anak dari TK sampai SMA akan mengenal pertanian dan masuk ke lahan pertanian dengan senang hati dan bergembira,” terangnya.

Direncanakan tiket masuk sebesar 15 ribu/orang. Nantinya dana tersebut sebagai tambahan pemuda tani milenial Pampang untuk terus mengembangkan taman tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Pampang Iswandi mendukung penuh kegiatan para pemuda ini. Pemerintah Desa pun siap memfasilitasi untuk kelanjutan Taman Edukasi Pertanian tersebut.

“Semoga apa yang dilakukan para pemuda di Desa Pampang dapat menginspirasi pemuda lainnya untuk terjun dan membangun dunia pertanian di desanya masing-masing,” ucapnya. (red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.