Unit Pengolahan Pupuk Organik Dongkrok Tiga Puluh Lima Sapi Lenyap

364

PONJONG-SENIN LEGI | Kementerian Pertanian mengucurkan dana Rp 365 juta untuk Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) kepada warga Padukuhan Surubendo, Kalurahan Bedoyo, Kapanewon Ponjong Bantuan tahun 2011 itu kini tinggal puing-puing kandang, mesin produksi UPPO. Puluhan sapi raib.

“Bantuan Rp 365 juta untuk membangun kandang komunal, sapi 35 ekor lengkap dengan sarpras produksi pupuk organik. Sekarang tak seekor pun sapi tersisa, satu demi satu habis diembat oknum pengurus,” kata S. salah seorang warga setempat, 6-12-2021.

S menduga, Carik Bedoyo, Supanto adalah aktor intelektual di balik mangkraknya UPPO Kelompok Manteb Tani.

“Sebab pada tahun itu Supanto adalah Dukuh Surubendo sekaligus sekretaris Kelompok Manteb Tani. Logikanya, dia orang yang tahu seluk beluk persoalan ini. Sejak tahun 2016, Supanto bergeser menjadi Carik Bedoyo hingga saat ini,” terang S.

Dikonfirmasi, Supanto tidak membantah. Kelompok Manteb Tani mendapatkan bantuan UPPO tahun 2011. Dia juga mengakui bahwa tidak pernah ada pertemuan kelompok seperti yang dituduhkan warga.

“Iya tahun 2011 dapat bantuan UPPO, namun sejak beberapa tahun terakhir ini kondisi Kelompok Manteb Tani stagnan alias jalan di tempat. Keberadaan sapi masih ada di tangan anggota kelompok, nanti saya kirim data data anggotanya,” kata Supanto. (Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.