Madu Obat Alami Penyembuh Penyakit

197

OBAT yang direkomendasikan Al Qur’an dan hadits adalah obat alami (madu) dikutip dari buku dr. Zaidul Akbar, halaman 24, Senin 6-12-2021.

Disebut sebagai obat alami, berdasarkan penelitian madu mengandung 60 kalori, 11 gram karbohidrat, 1 ml gram kalsium, 0,2 ml gram zat besi, 0,1 ml gram vitamin B, 1 mg vitamin C. Khasiat madu dikenal ribuan tahun.

“…. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia….” An Nahl 16:69.

Dalam Sunan Ibnu Majah Jilid II halaman 1142, hadist nomor 3452 disebutkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian menggunakan dua obat, yaitu madu dan Al Qur’an.”

Makin gamblang, obat alami dan Al Qur’an adalah dwi tunggal untuk menyembuhkan, mencegah dan meringankan penyakit.

Sementara itu soal sembuh dan tidaknya suatu penyakit bukan kuasa manusia, tetapi hak prerogatif Allah SWT. Penyakit apapun itu jenisnya, Allah pasti menurunkan penawarnya. Tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Diriwayatkan oleh HR Al Bukhari bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.”

Hadist di atas menunjukkan, Allah SWT menurunkan penawar bisa untuk menyembuhkan, mencegah, atau pun meringankan penyakit. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.