Upacara Mendak Tirto Alas Wonosadi Berkah Onggo Loco

320

NGAWEN, Jumat wage | Umat Hindu Kecamatan Ngawen, Gunungkidul melakukan upacara Mendak Tirto (mengambil air) di Dusun Bendo, Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, Kamis (18/04). Upacara dimulai pada pukul 13. 30 WIB, dipimpin oleh Jero Gede Dwijo Triman.

Sebelum memasuki area persembahyangan,  Jero Gede Dwijo Triman memimpin segenap umat Hindu melakukan upacara kecil buka pintu, dengan menyentuh tanah tiga kali.

Baca juga:

Di TMII Kontingen Seni Gunungkidul Mewakili DIY Harus Tampil Memikat

Mendak Tirto yang dirayakan  setahun sekali, bertujuan meminta keselamatan, kesehatan, umur panjang, murah sandang murah pangan. Hal itu dilakukan setiap purnama ke 11.

Simbol minta berkah diaktualisasikan dengan mengambil air yang diwadahi bumbung. Kadarno diperintah Triman mengambil air di tempat tidak jauh dari papan upacara.

Baca juga:

Festival Adat 2019: Gunungkidul Suguhkan Babad Dalan Ki Ageng Giring

Selain berdoa kepada Tuhan Dwijo Triman juga memimpin umat untuk meminta berkah kepada Pepunden Wonosadi yang terkenal dengan sebutan Ki Onggo Loco.

Dia (Onggo Loco) dianggap sebagai salah satu pepunden Wonosadi. Semua umat meminta berkah kepadanya, agar diberi kesehatan dan murah rejeki. Jero Gede Dwijo Triman membaca mantra,  sementara seluruh umat menyanyikan tembang  Ijo- Ijo. (Win)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.