Warga Gunungkidul Temukan Ribuan Uang Bertuliskan Huruf China

4207

NGLIPAR-SENIN KLIWON | Ribuan uang bertuliskan huruf China diduga peninggalan Zaman Dinasti Ming atau sekitar abat IX, ditemukan di pekarangan Yitno (56) warga Natah Kulon RT03/04 Desa Natah Kecamatan Nglipar Gunungkidul, pada Sabtu (18/04/2020).

Harta karun berupa ribuan keping uang berikut beberap benda lain ditemukan oleh dua orang pekerja warga setempat.

Penemuan, Menurut Yitno, berawal ketika dirinya merehab rumah pribadinya kemudian berniat membuat sepiteng yang dikerjakan oleh kedua tukang.

INFO HARI INI-TEMBUS 1000 LEBIH ODP, KETUA DEWAN MELAKUKAN KUNJUNGAN MENDADAK

“Saya menentukan di mana letak sepiteng, selanjunya dikerjakan oleh tukang, setelah digali mereka menemukan benda itu,” jelas Yitno ketika ditemui di rumahnya pada Minggiu (03/05) sore.

Barang-barang tersebut ditemukan kedua tukang gali yakni Sanyoto (43) bersama Sabarno (40) saat menggali lubang sepiteng sedalam 3 meter.

Dikatakan Sanyoto, pertama kali dirinya menemukan batu sebesar ukuran kepala, di bawah batu terdapat mangkuk yang diduga terbuat dari keramik.

Di bawah mangkuk, ditemukan lagi benda berupa lempengan kuningan tipis berbentuk semacam piring.

Baru kemudian ditemukan kuali terbuat dari tanah liat yang di dalamnya berisi ribuan keping uang bertuliskan huruf China.

“Saya kira, saya menemukan pecahan genteng, tapi ternyata berisi uang,” jelasnya.

Kabar penemuan tersebut menurut Yitno pemilk pekarangan juga telah sampai di beberapa pihak termasuk Babinsa serta pihak Koramil Kecamatan Nglipar.

Hingga saat ini berbagia benda temuan tersebut disimpan di rumah Yitno warga Natah Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul. (red)

INFO HARI INI-BERSINGGUNGAN LANGSUNG DENGAN PASIEN PULUHAN RELAWAN IKUTI RAPID TEST INI HASILNYA




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.