Bengkel Bahasa Segera Dibangun di Gunungkidul Dioptimalkan untuk Pendidikan Sastra

116

WONOSARI – SABTU PON | Dinas Kebudayaan (Disbud) atau Kundha Kabudayan Kabupaten Gunungkidul berencana menghadirkan Bengkel Bahasa dan Sastra. Gedung tersebut akan menjadi bagian kompleks Taman Budaya Kabupaten Gunungkidul pada 2021 mendatang.

Kabid Sejarah, Bahasa, dan Sastra Disbud Kabupaten Gunungkidul Sigit Pramudyanto mengatakan, bahwa Bengkel Bahasa nantinya akan dioptimalkan untuk pendidikan sastra dan bahasa bagi pelajar.

Pihaknya pun mengutamakan kemampuan dan pengetahuan pelajar tentang bahasa dan Sastra Jawa, sehingga dapat meningkat dengan adanya Bengkel Bahasa tersebut.

“Pelajar Gunungkidul saat ini rata-rata masih mengalami kesulitan dalam memahami kosakata dan sastra Jawa,” katanya, Sabtu (18/09/2020).

Sigit mengatakan, pendampingan mengenai materi sastra Jawa terus akan dilakukan. Selain itu, pihaknya juga menggandeng tenaga pengajar mata pelajaran Bahasa Jawa di sekolah-sekolah dengan tujuan untuk membimbing para pelajar tentang Sastra Jawa secara lebih intens.

“Jadi ini pekerjaan rumah (PR) bagi Kundha Kabudayan, dengan terus-menerus memberikan pendidikan Sastra Jawa,” katanya.

Ia menambahkan, Hingga saat ini, upaya yang dilakukan Disbud Gunungkidul, menghadirkan pelatihan hingga kompetisi terkait Sastra Jawa. Antara lain seperti sesorah (pidato), maca cerkak, membaca cerpen, hingga geguritan (berpuisi).

“Kami akan menggelar lomba maca cerkak dan geguritan dalam waktu dekat. Rencananya akan ada 30 peserta dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK,” pungkasnya. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.