Kandang Ludes Terbakar, Hanya Sebagian Ayam yang Dapat Diselamatkan

1081

PLAYEN – SABTU PON | Kebakaran kandang ayam terjadi di Padukuhan Dengok I RT 02/01 Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (19/09/2020) pagi. Kandang berisi 5.000 ekor anak ayam tersebut terbakar ludes, sehingga pemilik, Rubiyanto (44) warga Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen, menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Peristiwa kebakaran terjadi pada pukul 04.00 WIB. Saat itu seorang saksi Wiyoto penjaga kandang tidur di lokasi kandang, sekira pukul 07.00 WIB, ia melihat asap yang mengepul dan kobaran api. Wiyoto pun segera meminta pertolongan warga.

“Warga yang mendengar teriakan segera menghampiri Rubiyanto untuk membantu memadamkan api yang telah membakar sebagian kandang,” kata Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi, Sabtu (19/09/2020) pagi, saat di konfirmasi.

Hajar mengatakan, Kandang tersebut berisi 5.000 anak ayam yang memang baru datang 2 (dua) hari yg lalu. Meski kandang ayam ludes terbakar, namun ayam sebagian masih dapat diselamatkan.

“Pemadam kebakaran datang kelokasi mengerahkan 1 unit pemadam 1 unit tangki,” tambahnya.

Kebakaran terjadi, diduga sumber api berasal dari tumpukan arang yang di taruh di dalam kandang untuk digunakan sebagai penghangat atau pemanas ayam. Api menjalar ke bagian kandang, sehingga membakar kandang ayam tersebut.

Akibat peristiwa itu, kerugian ditafsir kurang lebih Rp 60 juta hingga Rp 70 juta.

“Kandang ayam tersebut terbakar seluruhnya, tapi uutuk ayam sebagian masih bisa diselamatkan,” pungkasnya. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.