Dua Pelajar Terlibat Curanmor, Polisi Tidak Melakukan Penahanan

449

SEMIN – Jum’at Legi | Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kecamatan Semin, MI (14) warga Semin, dan AR (13) Warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ditangkap jajaran Unit Reskrim Polsek Semin.

Kedua pelaku curanmor yang masih berstatus pelajar tersebut ditangkap di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (01/03/2020) lalu.

Kapolsek Semin AKP Haryanta menjelaskan, penangkapan terhadap dua pelaku berdasarkan laporan warga Kecamatan Semin yang kehilangan sepeda motornya yakni, Yamaha Vega R Nopol B 6332 PE, Rabu (26/02/2020) lalu.

“Saat itu korban memarkirkan kendaraanya di halaman Masjid Al Ikhlas Kecamatan Semin,” kata Kapolsek saat menggelar konferensi pers, Jumat (06/03/2020) pagi.

Lebih lanjut kapolsek menjelaskan, berdasarkan laporan, anggota Unit Reskrim kemudian melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan Polsek Cawas, Kabupaten Klaten.

Setelah dilakukan penyelidikan, diperoleh informasi barang bukti berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Selanjutnya petugas langsung menuju lokasi.

“Ternyata sepeda motor dan kedua pelaku berada di Jepara. Anggota melakukan penangkapan dan membawanya ke Polsek Semin,” katanya.

Dari hasil penangkapan, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa sepeda motor Yamaha Vega.

Dari pengakuan tersangka, mereka nekat melakukan pencurian lantaran permasalahan ekonomi. Modus pelaku yakni menunggu korban saat lengah, dalam aksinya, pelaku memutus kabel kontak sepeda motor agar dapat dinyalakan.

“Sepeda motor yang dicuri tidak dinyalakan. Para pelaku mendorong sepeda motor curiannya kurang lebih 100 meter,” terangnya.

Kini, kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 Jo pasal 362 KUHP pidana dengan ancaman hukuman penjara 5 sampai 7 tahun.

Karena kedua pelaku masih berstatus pelajar, maka penahanan berdasarkan UU RI No 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak, para pelaku anak tidak dilakukan penahanan dan hanya di wajibkan untuk wajib lapor ke Polsek Semin setiap hari Senin dan Kamis, didampingi oleh masing-masing orang tuanya. (hr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.