Empat Calon Lurah Piyaman Berebut Nomor Keberuntungan

527

WONOSARI-MINGGU LEGI | Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Calon Lurah di Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan secara serentak, Sabtu, (16/10/2021). Seperti halnya di Kalurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari, sebanyak empat calon lurah berebut nomor keberuntungan untuk berkompetisi memikat hati masyarakat.

Ketua Panitia Pemilihan Lurah (Pilur) Piyaman, H. Ihsan Winarno, M.Pd menjelaskan, pelaksanaan penetapan dan pengundian calon lurah di Kalurahan Piyaman dapat berjalan dengan kondusif atas partisipasi ke empat calon serta semua pihak terkait.

Selanjutnya, Ihsan menyampaikan, secara estafet tahapan Pilur akan berlanjut sesuai dengan jadwal tahapan yang telah ditentukan. Untuk di Kalurahan Piyaman sendiri, secara resmi pesta demokrasi Pilihan Lurah diikuti empat kandidat calon yang semuanya merupakan warga Kalurahan Piyaman.

“Tahapan berikutnya deklarasi damai, sosialisasi calon yang berhak dipilih dan masa kampanye. Untuk kampanye dijadwalkan tanggal 24-26 Oktober 2021 dan setelah itu masuk masa tenang. Untuk pelaksanaan pemilihan atau pencoblosan dilaksanakan tanggal 30 Oktober nanti,” ungkap Ihsan.

Dikarenakan dalam Pilur serentak Kabupaten Gunungkidul tahun 2021 ini masih dalam masa pandemi, Ihsan berharap para peserta calon lurah di Piyaman serta tim pendukung dan warga masyarakat dapat mengedepankan aturan terkait protokol kesehatan.

“Nanti pemilihan akan digelar di 14 TPS yang tersebar di 11 Padukuhan se Kalurahan Piyaman dengan jumlah DPT sekitar 6.646 pemilih,” jelas Ihsan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Kabupaten Gunungkidul, Muhammad Farkhan, S.Sos, M.AP menyampaikan, tahapan penetapan dan pengundian calon di Gunungkidul secara umum berjalan dengan baik.

Dalam hal antisipasi kerawanan Pilur serentak, Dinas telah melakukan upaya dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, baik forkomkab maupun forkomkap.

Farkhan juga berharap dalam ajang pesta demokrasi tingkat kalurahan yang digelar secara serentak nanti tidak menjadi penyebab munculnya klaster baru penyebaran Covid-19, mengingat kondisi Gunungkidul secara umum saat ini telah melandai.

“Kita harapkan Bamuskal netral dalam ketugasannya. Untuk pelaksanaan hari H pencoblosan nanti kita harap warga tidak perlu bergerombol tetapi gunakan hak pilih sesuai jadwal undangan, selain itu bila sudah selesai segera pulang. Pencoblosan di TPS masing-masing Padukuhan, di Gunungkidul ada 700 lebih TPS di 58 Kalurahan yang menggelar Pilur,” terang Farkhan.

Diketahui empat kandidat calon lurah Piyaman yakni,

Nomor urut 1, Bambang Sugito, SH alamat Kemorosari 1 RT/RW 05/06, Piyaman;
Nomor urut 2, Wibawanto, alamat Piyaman 1, RT/RW 03/01, Piyaman
Nomor urut 3, Sutikno Trijoko, alamat Ngemplek RT/RW 02/09, Piyaman dan
Nomor urut 4, Tugino, S.Pd alamat, Pakelrejo, RT/RW 05/08, Piyaman. (Agus SW)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.