Gelombang Laut Selatan Makin Menjadi, Ratusan Bangunan Luluh lantak

335

TANJUNGSARI-RABU PON | Ratusan bangunan di pesisir Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul, mengalami kerusakan akibat hantaman gelombang tinggi air laut, Rabu (26/05/2020).

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil ll, Surisdiyanto mengatakan, hari kedua gelombang laut meningkat hingga mencapai 5 meter. Dampak terjangan gelombang tinggi pun merusak ratusan bangunan yang berada di pinggir pantai.

“Terparah di pantai Somandeng dan Pantai Sadranan, disana terdapat puluhan bangunan gazebo mengalami kerusakan berat maupun ringan. Salah satu kamar mandi dan rumah makan juga dilaporkan rusak,” katanya.

INFO HARI INI – GELOMBANG TINGGI, SEJUMLAH FASILITAS RUSAK

Menurut laporan yang telah diterimanya pada hari ini, kerusakan bangunan dampak gelombang tinggi di Pantai Somandeng, total sebanyak 50 gazebo rusak selain itu 9 bangunan kamar mandi juga 2 warung makan mengalami kerusakan, bahkan talut ambrol.

“Di pantai Sadranan 63 gazebo rusak berat dan 14 gazebo rusak ringan, selebihnya di tempat lain pantai selatan Gunungkidul, diperkirakan mencapai ratusan bangunan mengalami rusak ringan maupun berat,” ucapnya.

Ia menambahkan, meskipun gelombang berdampak pada bangunan di pinggiran pantai, namun tidak ada korban jiwa.

INFO HARI INI – SALAH PAHAM BERBUNTUT PEMBONGKARAN POSKO RELAWAN

Sebelumnya, petugas telah menghimbau warga untuk tidak mengunjungi wisata pantai untuk sementara waktu.

“Gelombang pasang akan terjadi hingga tiga hari kedepan,” tandasnya.

Sementara itu, warga telah mengevakuasi barang-barang berharga yang ada di lapak warungnya untuk menghindari gelombang pasang susulan yang mungkin akan terjadi esok.

Dari hasil pantauan tampak puluhan warga juga membersihkan puing-puing bangunan yang telah rusak akibat amukan gelombang pasang. (Hery)

INFO HARI INI – PANTAI SELATAN DITUTUP WISATAWAN NEKAT GUNAKAN JALUR TIKUS




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.