Gerakan Sosial, Ipar Jokowi Akan Perbaiki Sumur Bor

177

KARANGMOJO – MINGGU WAGE | Pasca mundurnya Wahyu Purwanto dari bursa pencalonan Pilkada Gunungkidul beberapa waktu lalu, Gerakan sosial kian gencar dilakukan. Bersama Tim Panca Manggala, Wahyu belum lama ini menindaklanjuti laporan warga, terkait permasalahan yang terjadi pada sumur bor di pedukuhan Gunungsari Bejiharjo Karangmojo.

Menurut laporan yang di terima Wahyu, sumur tersebut mangkrak dan mengalami kerusakan sejak 4 bulan lalu. Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, mangkraknya sumur bor lantaran adanya komponen listrik yang rusak.

“Alhasil, air tak bisa terangkat karena sumur sama sekali tak bisa berfungsi,” kata Wahyu pada Minggu, (20/09/2020).

Wahyu menambahkan, pihaknya akan turun tangan untuk mengupayakan perbaikan sumur bor tersebut. Termasuk menerjunkan personel guna mengidentifikasi kerusakan yang terjadi.

Pihaknya pun juga akan berkomunikasi dengan instansi terkait untuk optimalisasi sumur bor.

“Air dari sumur bor ini sangat bisa dimanfaatkan untuk sektor pertanian,” ucapnya.

Tugiyono salah satu tokoh masyarakat di Padukuhan Gunungsari mengungkapkan, bahwa sumur bor tersebut sudah dibangun sejak 7 tahun lalu.

Sumur itu, menurutnya merupakan bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Tapi setelah dibangun malah tak bisa dimanfaatkan warga secara maksimal, karena tidak ada jaringan pipa ke rumah-rumah warga,” jelas Tugiyono yang juga menjabat sebagai Ketua RT setempat.

Menurutnya, jaringan pipa yang ada saat ini merupakan proyek PDAM Tirta Handayani Gunungkidul. Padahal, Tugiyono mengklaim, dari sumur bor itu justru terdapat potensi air yang melimpah.

Lantaran kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi PDAM, Tugiyono berkeinginan, air dari sumur bor tersebut diarahkan ke lahan pertanian warga, sehingga lahan warga tak lagi mengandalkan tadah hujan.

“Mayoritas warga di sini kan bekerja sebagai petani. Jika sumur bor dimaksimalkan tentu bisa mengangkat potensi pertanian yang ada,” pungkasnya. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.