Giliran Samikem Bunuh Diri, Menambah Daftar Panjang Kasus Gantung Diri di Gunungkidul

63

SEMIN, MINGGU LEGI-Belum usai ceritera kasus gantung diri di Kecamatan Panggang dan Ngawen, Gunungkidul dikejutkan kembali aksi nekat Samikem (90) warga Padukuhan Pucung 03/06, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Minggu, (06/01), pukul 06.00 WIB.

Kapolsek Semin AKP. Haryanta melalui Kanitreskrim Ipda Mahmet Ali Bahonar menjelaskan, pagi hari korban masih berkumpul bersama anaknya Parno. Pukul 06.00 WIB korban ditinggal anaknya yang bermalsud mengantar istri ke sawah.

Ketika Parno berangkat ke sawah bersama istri, korban menyuruh anaknya agar ikut kerja di sawah dan pulangnya sore hari.

“Setelah pamitan pada korban, Parno mengantar istrinya kesawah dan sekalian akan mendatangi hajatan ke tempat saudaranya di Sangen, Krajan, Weru, Sukoharjo,” jelas Kanitreskrim Polsek Semin.

Lebih lanjud dia menyampaikan, setelah pulang Parno mencari Samikem ibunya untuk disuruh mandi. Namun korban tidak ditemukan, kemudian dia mencari di belakang rumah dan akhirnya menemukan ibunya telah gantung diri di usuk bambu belakang rumah.

Mengetahui ibunya gantung diri, Parno teriak minta tolong tetangga dekat, tiadak lama kemudian warga berdatangan di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Korban diketahui gantung diri pada pukul 07.00 WIB. Tinggi usuk ke tanah 198 cm, sedang panjang tali ke leher 80 cm, kaki korban menyentuh tanah. Pada tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan,” jelasnya.

Terpisah, Ketua PC NU Gunungkidul KH. Arief Gunadi, M.Pd.I melihat fenomena kasus gantung diri (gandir) di Gunungkidul dalam kurun waktu 6 hari sudah ada 3 korban. Atas peristiwa tersebut, dirinya menyampaikan seruan agar masyarakat Gunungkidul menyadari gandir adalah perbuatan konyol yang ditempuh manusia.

“Bukan menyelesaikan masalah tetapi menambah masalah baru dalam kehidupan berikutnya. Sadarlah bahwa gantung diri itu cara yang paling menyakitkan dan buruk dampaknya bagi keluarga, masyarakat, dan agama. Semoga ini yang terahkir kalinya,” pungkasnya. (Ag/ig)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.