Jalan Lintas Prambanan, Tawang, Ngalang Memantik Perekonomian Gunungkidul

340
Oleh Arif Setiadi

Pemerintah DIY mengeksekusi program strategis, berupa peningkatan infrastruktur jalan Prambanan, Tawang, Ngalang. Jalan ini menghubungkan Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Gunungkidul.

Ruas jalan dibangun sebagai jalur alternatif jalan Jogja – Wonosari lewat Piyungan – Patuk, yang tahun 2021 makin padat. Daya tampung terbatas sehingga terjadi kemacetan pada hari atau jam-jam tertentu selalu terjadi.

Program peningkatan jalan Prambanan, Tawang, Ngalang semakin mempermudah mobilitas orang dan barang, di samping diharapkan juga menjadi pengungkit perekonomian dua kabupaten, utamanya Gunungkidul.

Respon Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul diharapkan mengimbangi dalam bentuk kegiatan yang mengoptimalkan keberadaan program pembangunan infrastuktur tersebut.

Jalan Prambanan, Tawang, Ngalang sangat strategis. Selain jalur alternatif Piyungan-Patuk, ini jalur tersambung dengan program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Prambanan.

Untuk itu perlu direspon oleh Pemda Gunungkidul sebagai opportunity dalam percepatan tumbuhnya kawasan perekonomian baru dan percepatan pengentasan kemiskinan di wilayah utara khususnya, dan di Gunungkidul pada umumnya.

Menyikapi pembangunan jalur alternatif tersebut, Gunungkidul harus responsif dan kreatif.

Program peningkatan jalan Prambanan,Tawang Ngalang yang dibiayai Danais direncankan selesai pada tahun 2023.

“Tahun 2022 dianggarkan untuk pembangunan ruas Tawang, Ngalang segmen I sebesar Rp 47,1 M, dan segmen V sebesar Rp 37,8 M, dari lima segmen yang direncanakan.

Sebagai upaya konektifitas, tahun 2022 ini juga dianggarkan pembangunan jembatan Bancang 5,8 M dan jembatan Branjang 2,5 M di ruas jalan Ngalang-Hargomulyo.

Untuk mengatasi medan yang sulit di Clongop, ruas jalan Hargomulyo-Watugajah tahun ini dilakukan apprasial.

Tahun 2023 ada pekerjaan rumah pembangunan jembatan Gedangan di desa Hargomulyo dan masalah jalan Clongop.

Penulis adalah Ketua Komisi C DPRD DIY. Wakil Ketua FPAN DPRD DIY dari Dapil Gunungkidul.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.