Kotak Suara Pemilu 2019 Mulai Dirakit, Dibungkus Plastik dan Disemprot

274

WONOSARI, Kamis Kliwon – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gunungkidul mulai merakit kotak suara untuk Pemilu Rabu 17 April 2019. Kotak suara 13.868  dirakit di gedung bekas pengadilan agama Wonosari sejak Selasa, (12/2).

Hari pertama, pekerja  merakit 380 kotak suara. Hari kedua KPUD menarget, pekerja menyelesaikan 1.000 kotak suara.

Komisioner KPU Gunungkidul, Divisi Hukum, Rohmad Komaruddin, mengatakan, awal perakitan dikerahkan tenaga 4 orang, tetapi untuk hari berikutnya ditambah 11  orang.

“Kotak suara yang di gedung bekas pengadilan agama  tidak dirakit semua. Akan dilihat  ketersediaan ruangan,” ujarnya ujar Komaruddin (13/2).

Kotak suara yang telah dirakit, menurut Komaruddin, akan disimpan di dua tempat, di gedung bekas pengadilan agama dan gudang milik KPUD Gunungkidul.

“Sebelum gedung digunakan, kami melakukan pengecekan. Ketika hujan  ada  yang bocor, langsung diperbaiki. Setelah itu kami lakukan penyemprotan untuk mengusir rayap dan tikus,” jelasnya.

Soal penyimpanan kotak suara, menurutnya butuh perlakuan khusus mengingat  kotak suara terbuat dari karton dupleks. Perlakuan khusus yang dimaksud, setelah jadi kotak suara segera dibungkus plastik.

Ketua KPUD Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, menambahkan, dalam merakit kotak suara tidak ada kendala.

“Untuk mengantisipasi kerusakan kotak suara kami memasang kayu palet di atas lantai gudang penyimpanan,” terangnya. Redaksi




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.