KPUD Gunungkidul Coret DCT, Ngadiyono Tempuh Jalur Hukum

430

WONOSARI, Kamis Pahing – Langit politik Gunungkidul geger. Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ngadiyono,  dicoret dari Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Gunungkidul oleh KPUD setempat. Sebelum gugat ke Bawaslu Gunungkidul, terhadap Putusan Pengadilan Negeri Sleman, Ngadiyono mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Yogyakarta.

Baca juga:

Kotak Suara Pemilu 2019 Mulai Dirakit, Dibungkus Plastik Dan Disemprot

Sesuai penetapan KPUD Gunungkidul tertanggal 20 September 2018, yang kala itu Ketua dijabat Zaenuri Ikhsan, Ngadiyono terdaftar sebagai Caleg Partai Gerindra di Dapil Gunungkidul 2, Kecamatan Patuk, Nglipar, Gedangsari dan Ngawen.

“Ngadiyono adalah caleg nomor urut 1,” demikian fakta pada dokumen DCT termaksud.

Baca juga:

APK Dirusak, Suharno Jurkam Partai Nasdem Lapor Ke Bawaslu

Berkenaan dengan pencoretan Ngadiyono dari DCT, sebagaimana pernyataan Ruslan Hani Ketua KPUD Gunungkidul, Ngadiyono  berhak mengajukan keberatan ke Bawaslu.

Ngadiyono, yang dalam hal  ini adalah Ketua DPC Gerindra dan Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, pasca pencoretan dirinya dari DCT, secara maraton mengambil langkah hukum .

Baca juga:

Setelah Dua Kali Menjabat, Petugas KPPS Tak Bisa Daftar Lagi

Maryanta

Melalui Maryanta, kader partai yang juga anggota Fraksi Gerindra DPRD Gunungkidul, Ngadiyono menentang secara resmi (menyatakan banding) terhadap Putusan Pegadilan Negeri Sleman.

“Kami mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Itu yang pertama. Ini harus ditempuh untuk membabat keputusan pencoretan” kata Maryanta (21/02).

Baca juga:

Politisi Golkar Kritisi Indek Kerawanan Pemilu Di Gunungkidul

Proses banding masih berjalan. Bahkan menurut Maryanta tidak tertutup kemungkinan sampai kasasi.

Sebagaimana diketahui jatah kursi Dapil Gunungkidul 2 adalah 8. Partai Gerindra memasang Caleg sebanyak 7 orang, antara lain (1). Ngadiyono, Playen, (2). Ida Hesti Rochyani – Nglipar, (3). Sumirat – Nglipar, (4). Sukina – Gedangsari, (5). Rukiyati – Playen, – (6). Ari Nugroho Playen, (7). Dhamayanti Rosdiana, Jakarta Selatan.

Penulis        : Bambang W
Foto utama: Ngadiyono-(dok. infogk)



One thought on “KPUD Gunungkidul Coret DCT, Ngadiyono Tempuh Jalur Hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.