Momen Ramadhan, Disperindag Antisipasi Kelangkaan Bapok

135

WONOSARI-RABU KLIWON | Bulan ramadhan hingga menjelang Idul Fitri akan berpotensi pada kelangkaan bahan pokok (bapok). Berkoordinasi dengan OPD terkait Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunungkidul berupaya mengantisipasi hal tersebut.

Kepala Disperindag Kabupaten Gunungkidul Johan Eko Sudarto menyampaikan bahwa, pihaknya kini telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) untuk mengatasinya.

Koordinasi yang dilakukannya sebagai bentuk maupun upaya agar nantinya dapat mengetahui kapan potensi harga bapok mengalami kenaikan.

“Kelangkaan bapok terjadi karena pasokan komoditas tidak sesuai dengan permintaan yang meningkat, masalah seperti ini kerap terjadi saat hari besar keagamaan,” katanya, Rabu (14/04/2021) siang.

Johan berharap DPP Kabupaten Gunungkidul dapat melihat potensi tersebut lebih awal yakni pada beberapa bulan sebelumnya. Sehingga bahan pangan bisa tetap tersedia saat dibutuhkan di momen-momen tersebut.

Namun begitu, Johan memastikan, bahwa ketersediaan bapok masih aman selama Ramadhan ini. Pihaknya pun tetap terus melakukan pemantauan harga terhadap komoditas tertentu.

“Kalau bisa DPP mengimbau masyarakat untuk mulai menanam komoditas pangan tersebut demi menjaga pasokan dan harga,” ucapnya.

Selain itu, Dikatakan lebih lanjut, Disperindag juga berkomunikasi intens dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY. Salah satunya dengan melakukan Operasi Pasar demi menjaga harga dan ketersediaan bapok.

“Kami harap tidak ada kenaikan harga yang signifikan saat Ramadan,” ujar Johan.

Terpisah, Kepala DPP Gunungkidul Bambang Wisnu Broto mengungkapkan, pihaknya siap memenuhi permintaan Disperindag.

Menurutnya, produktivitas pangan hingga saat ini masih mencukupi. Ia juga menyebut sebagian besar komoditas utama masih bisa dipenuhi sendiri dari dalam wilayah. Antara lain beras, telur, daging ayam, hingga daging sapi.

“Hanya komoditas seperti gula dan minyak goreng yang dipasok dari luar, selebihnya bisa dipenuhi sendiri,” kata Bambang. (Heri)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.