Pemberlakukan PSTKM , Cara Mandiri Warga Adakan Kampung Sadar Covid-19

123

PALIYAN-SABTU PAHING | Diberlakukannya Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM) direspon positif oleh salah satu RT di Kabupaten Gunungkidul. Secara mandiri, membentuk kampung sadar Covid-19, melakukan tertib protokoler meski sedang berada di ladang.

Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga warga. Seperti yang dilakukan oleh ratusan warga RT 12 Kalurahan Pampang, Kapanewon Paliyan .

Secara swadaya mandiri mengadakan kampung sadar Covid-19. Warga secara sadar diri menerapkan protokoler kesehatan secara ketat mulai dari memasang spanduk, stiker mengenai protokoler kesehatan bahkan menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah warga serta menerapkan wajib cuci tangan bagi tamu.

“Kami juga menyemprotkan cairan desinfektan secara mandiri dari rumah ke rumah,” kata salah seorang warga Rifki Nur Fahrudin, Sabtu (16/01/2021) sore.

Sementara itu, Subandi, Lurah Pampang mengatakan bahwa, pihaknya telah mensosialisasikan Covid-19 kepada warga sekitar hingga menggunakan masker serta menghindari kerumunan bahkan saat sedang pergi dan pulang dari ladang.

Memang sudah seharusnya, diunggkapkan Subandi, penanganan Covid-19 dilakukan dari tingkat bawah, di mana warga sudah seharusnya mentaati protokoler kesehatan agar angka penyebaran Covid-19 bisa terus ditekan.

“Saya berharap kegiatan serupa dapat menjadi contoh bagi warga lain agar pemberantasan Covid-19, bisa segera terselesaikan,” katanya. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.