Sholat Idul Adha, Jumlah Jemaah Sesuai Perkiraan

136

WONOSARI – JUMAT PON | Umat Muslim di Indonesia khususnya di Kabupaten Gunungkidul saat ini merayakan Idul Adha 1441 Hijriah, yang jatuh pada hari Jum’at (31/07/2020). Perayaan Idul Adha diawali dengan ibadah Sholat Ied.

Seperti yang terlihat di masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari pagi ini, nampak jumlah jamaah yang hadir dalam Sholat Ied terpantau sedikit. Jamaah putra memenuhi bagian dalam masjid, sedangkan untuk putri berada di pelataran depan masjid.

Dedy, salah satu jemaah yang ikut dalam ibadah tersebut juga menyebut jumlah jemaah tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu.

 

 

“Kalau tahun lalu sangat penuh, jemaah yang ikut sampai mengambil tempat di Alun-alun Wonosari,” tuturnya.

Hal tersebut dikatakan oleh, Ketua Takmir Masjid Al-Ikhlas Wonosari, Andar Jumailan MM, pihaknya sengaja tidak menyebarluaskan informasi kegiatan Sholat Ied. Jika biasanya diinfokan melalui media sosial, kali ini dilakukan pada kalangan terbatas. Sebelumnya, pengurus masjid menyiapkan skenario jika jemaah membludak. Namun skenario ini urung dijalankan lantaran jumlah jemaah yang datang sesuai dengan kapasitas lingkungan masjid.

“Kalau tahun lalu kan sampai di alun-alun. Sekarang kami fokus di mesjid saja. Alhamdulillah sesuai perkiraan,” kata Andar usai ibadah Sholat Ied.

 

 

Para jamaah yang mengikuti ibadah tampak membawa sajadah masing-masing dan mengenakan masker. Deretan sholat pun dibuat berjarak, sesuai tanda yang diberikan oleh pengurus masjid.

Sementara pihak masjid juga menyiapkan 8 tempat cuci tangan. masing-masing 4 bagi jamaah putra dan putri. Mereka diwajibkan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam masjid dan memulai Sholat Ied.

“Sejak awal sudah kami imbau agar membawa perlengkapan ibadah sendiri dari rumah, termasuk membawa hand sanitizer dan wajib masker,” jelas andar. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.