Tak Kenakan Masker, Masyarakat Dihukum Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

359

PLAYEN- KAMIS LEGI | Puluhan orang pengunjung dan pedagang Pasar Playen pada Kamis, (17/09/2020) terjading razia masker yang digelar oleh Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Playen. Tak hanya diberikan himbauan, mereka yang terjaring razia dihukum untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya atau  membacakan teks.

Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi mengatakan, operasi yustisi penggunaan masker yang di lakukan ini merupakan razia yang dilakukan kedua kalinya.

Sebelumnya, operasi serupa juga dilakukan di Pasar Hewan Siyono, yang jumlah pengunjungnya mencapai ribuan orang.

Mereka yang terjaring memang sengaja dihukum ringan seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya ataupun pembacaan teks Pancasila karena operasi ini misinya hanya mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan.

“Minimal mereka ingat dihukum nyanyi lagu Indonesia Raya jadi ingat untuk selalu membawa dan memakai masker,” katanya, usai kegiatan.

Ia menambahkan, pada gelar razia Yustisi di Pasar Playen ini, sedikitnya 20 masyarakat terjaring razia. Jumlah tersebut menurun dibandingkan dengan operasi yang telah dilakukan di Pasar Hewan Siyono. Petugas dapat menjaring setidaknya 50 orang yang tidak menggunakan masker.

“Untuk pengunjung yang tadi tidak membawa atau mengenakan masker, maka kita berikan masker,” terangnya.

Meski masih terdapat masyarakat yang tidak mengenakan masker dan terjaring razia, pihaknya mengklaim tingkat kesadaran masyarakat mengenakan masker cukup tinggi. Dicontohkan dari ribuan pengunjung pasar Hewan Siyono, hanya ada 50 orang yang terjaring razia.

“Kita preventif terus untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Hajar. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.