Lonjakan Arus Mudik Lebaran 2024, Diprediksi Mencapai 50%

737

WONOSARI-KAMIS WAGE | Arus mudik lebaran tahun 2024 diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 50%. Selain di Gunungkidul, peningkatan juga akan terjadi di seluruh Jawa dan Sumatera.

Hal tersebut dikatakan Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024, Kamis (28/03/2024).

Peningkatan arus mudik yang diperkirakan akan terjadi, dikatakan Sunaryanta, akan berdampak pada masuknya jumlah pemudik ke wilayah Jogjakarta, khususnya Gunungkidul.

“Dari 123 juta, pada tahun lalu, dipresiksi akan mengalami peningkatan bahkan hingga mencapai 192 juta pada Tahun ini,” ungkap Sunaryanta.

Dengan demikian, Sunaryanta meminta, seluruh lintas sektoral yang terlibat dalam pengamananan hendaknya menyiapkan diri.

Selain menjaga Kesehatan, juga harus memastikan seluruh peralatan berfungsi dengan baik.

“Yang paling utama adalah komunikasi antar lintas sektoral harus dibangun dengan bagus. Alat yang digunakan juga wajib siap pakai,” paparnya.

Selain arus mudik, Sunaryanta mengingatkan, seluruh element tentunya juga harus bersiap menyambut kunjungan wisata. Mengingat wisata pantai di Gunungkidul diprediksi masih tetap menjadi primadona bagi wisatawan khususnta Jateng dan DIY.

“Sehingga tidak akan muncul masalah, baik kamtibmas maupun insiden lainya,” pungkas Sunaryanta.

(Sr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.